x beritaplus.id skyscraper
x beritaplus.id skyscraper

PUSAKA Pertanyakan 'Nyali' Pansus Kapiten DPRD Kab. Pasuruan

Avatar beritaplus.id
beritaplus.id
Selasa, 19 Mar 2024 20:44 WIB
Politik dan Pemerintahan
DPRD-Pasuruan-Ramadhan

Pasuruan - beritaplus.id | Direktur Pusat Study dan Avokasi Kebijakan Publik (PUSAKA), Lujeng Sudarto mempertanyakan nyali pansus kapiten DPRD Kabupaten Pasuruan dalam mengusut dugaan penyelewengan anggaran pada program Kopi Kapiten capai Rp 10 miliar lebih.

"Jika pansus kapiten menemukan indikasi tindak pidana korupsi dalam program Kapiten. Apakah pansus berani menaikan ke angket atau melaporkan ke kejaksaan," tanya Lujeng Sudarto, Selasa (19/3/2024).

Ia menilai, program Kapiten yang digelontor Pemkab Pasuruan Rp 10 miliar lebih melalui dinas terkait layak diusut tuntas. "Pansus kapiten DPRD Kabupaten Pasuruan wajib mengusut. Hasil pansus pun harus dipublikasikan biar masyarakat mengetahui," imbuhnya.

Lujeng menambahkan, kasus kopi kapiten telah dilaporkan ke Kejari Kabupaten Pasuruan. Ia menduga, program yang pernah menjadi unggulan mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf sarat penyelewengan. "Kejaksaan harus segera menindak lanjuti laporan teman-teman MAKAR," ujarnya.

Ia pun mendesak, pansus kapiten DPRD Kabupaten Pasuruan serius mengungkap program tersebut dengan memanggil dinas dan pihak terkait berkaitan program kopi kapiten. "Siapa pun yang terlibat program kopi kapiten harus dipanggil dan dimintai keterangannya. Biar jelas dan gamblang. Jangan sampai pansus kapiten DPRD Kabupaten Pasuruan ini layu sebelum berkembang," ucap Lujeng.

Sebelumnya, pansus kapiten DPRD Kabupaten Pasuruan telah memanggil dua Dinas yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan. Dua instansi dimintai keterangan seputar program kopi kapiten yang menyedot anggaran Rp 10 miliar lebih. Mulai dari penggunaan anggaran sampai regulasinya ditanyakan oleh tim pansus. Tidak sampai disitu, kepemilikan dan pengelola kopi kapiten serta manfaat bagi petani kopi pun ikut disingung dalam rapat tersebut. (dik)

Editor : Ida Djumila

beritaplus.id horizontal
Artikel Terbaru
Jumat, 19 Apr 2024 13:08 WIB | Hukum dan Kriminal
Pasuruan - beritaplus.id | Abdul Wachid pemilik empat truk tangki diduga muatan BBM ilegal akui telah diperiksa beberapa kali oleh penyidik ...
Kamis, 18 Apr 2024 22:04 WIB | TNI dan Polri
Wadan Puspenerbal Hadiri Safari Binkorps Pelaut 2024 ...
Kamis, 18 Apr 2024 16:41 WIB | Peristiwa
Sejumlah Non Governmental Organization (NGO) yang tergabung dalam Pusat Studi dan Avokasi Kebijaksanaan Publik (PUSAKA) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan serta DPRD setempat segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan malam ...