Pasuruan, beritaplus.id – Pengalaman kurang menyenangkan dialami seorang wartawan yang juga nasabah BCA. Niatnya hanya ingin mengganti kartu ATM yang tertelan mesin, namun di BCA Cabang Pandaan proses itu justru berubah menjadi urusan rumit yang mengecewakan.
Nasabah tersebut menuturkan, pihak bank meminta dokumen Kartu Keluarga (KK) hanya untuk mencocokkan data dengan KTP. Padahal, data pribadi nasabah semestinya sudah terekam dalam sistem perbankan.
“Data di KK dan KTP berbeda, jadi kami tidak bisa mencetak kartu ATM BCA milik Bapak,” kata salah seorang pegawai bank sebagaimana ditirukan wartawan itu, Kamis (2/10/2025).
Meski syarat tambahan berupa KK telah dibawa, pihak bank tetap menolak memproses kartu baru. Justru, nasabah disarankan untuk lebih dulu mengurus KTP baru.
“Lucu sekali, fungsi bank itu menghimpun dana, bukan dinas pencatatan dokumen,” sindir wartawan asal Surabaya tersebut dengan nada kecewa.
Tak ingin berlama-lama dengan prosedur berbelit, ia kemudian memilih ke BCA Cabang Bangil. Di sana, pelayanan yang diterima justru jauh berbeda.
“Alhamdulillah di Bangil lebih mudah, administrasi tidak ribet dan pelayanan cepat. Beda jauh dengan Pandaan,” tegasnya.
Sementara itu, Rohman, petugas keamanan BCA Cabang Pandaan, menyebut kepala cabang maupun humas tidak bisa dimintai keterangan.
“Maaf pak, kalau jam-jam aktivitas baik kepala cabang maupun humas tidak bisa ditemui karena sibuk,” ujarnya singkat.
Hingga berita ini diturunkan, manajemen BCA Cabang Pandaan belum memberikan klarifikasi resmi terkait keluhan nasabah tersebut.(dik)
Editor : Redaksi